Daftar Wajib Kunjung Perth

Mengaku meninggalkan sebelah hatinya di kota paling terisolasi di dunia: Perth, saya baru sadar bahwa saya justru sangat jarang menulis apapun (kecuali ini) tentang Perth. Keinginan untuk menulis ini mendadak muncul setelah beberapa kawan meminta rekomendasi tempat-tempat menarik di Perth karena akan mengunjunginya dalam waktu dekat (dan membuat saya iri berat!). Jadi, keirian itu saya salurkan dengan membuat daftar ini saja. Jauh lebih sehat daripada nggrundel dan merutuk diri, kan? Siapa tahu dengan begitu, saya pun akan kembali mengunjungi Perth suatu hari nanti (kabulkan doa hamba ya Allah) 🙏🏼🤠

Oh ya, sekedar disclaimer, daftar ini saya buat berdasarkan pengalaman saya tinggal di sana pada 2011-2013, jadi mungkin beberapa data sudah kadaluarsa. Tapi tenang saja, beberapa info hasil bertanya pada mbah google sudah saya tambahkan. So, here is the list:

1. Kings Park

Kalau jantungnya Jogja itu di Malioboro, maka jantungnya Perth (menurut saya) ada di Kings Park, taman seluas 4.06 kilometer persegi yang berlokasi di tengah kota Perth. Taman ini bahkan lebih luas dari New York’s Central Park dan dihuni oleh beraneka jenis hewan dan tanaman, termasuk yang asli Australia seperti Boab Tree dan Kookaburra. Waktu paling tepat untuk mengunjungi Kings Park adalah di musim semi (sekitar September dan Oktober) ketika bunga-bunga bermekaran (favorit saya Everlasting!). Tapi di waktu-waktu yang lain pun, Kings Park tetap merupakan tempat menyenangkan untuk menghabiskan waktu sembari menikmati pemandangan kota dan Swan River.

530966_4570782427557_246768583_n
Run, kids, run! Photo by Zaki Habibi

 

2. Swan River

Sungai berwarna biru dengan panjang 60km ini membelah Perth menjadi dua bagian: utara dan selatan. Ikon kota Perth yang satu ini selalu muncul di semua marchandise tentang Perth yang dijual di toko-toko souvenir. Tak heran, perayaan Australia Day untuk daerah Perth dan sekitarnya, berpusat di sini.

376612_10152369033345094_7554983_n
Swan river, pada suatu ketika..

3. Caversham Wild Park

Mengunjungi Australia tentu tak lengkap tanpa berfoto bareng dua satwa asli Australia: Kangguru dan Koala. Nah, tempat wajib untuk berpose bareng mereka di Perth adalah Caversham Wild Park. Koleksinya lengkap dan banyak atraksi seru seperti Wombat show, farm show, dan lain sebagainya. Lokasinya sedikit jauh dari pusat kota tapi masih bisa diakses dengan bus sehingga tidak terlalu sulit. Pastikan untuk datang sejak pagi agar puas menikmati taman yang cukup luas ini. Perjalanan ke tempat ini pun menyuguhkan pemandangan menarik seperti kebun anggur, peternakan tradisional, bahkan kuda hingga kangguru liar.

 

4. Cottesloe Beach

Pantai-pantai di pesisir barat Australia dikenal memiliki sunset yang bulat sempurna. Berkunjung ke pantai mana pun, pasti akan mendapatkan pemandangan senja yang cantik. Namun, salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat ke Perth adalah Cottesloe Beach, yang bisa ditempuh dengan kereta jurusan Fremantle selama kurang dari 20 menit dari pusat kota Perth. Pantai ini terkenal ramah untuk keluarga karena bisa digunakan untuk berenang, surfing dan bahkan snorkeling. Tentu saja pantai ini juga cocok bagi aliran duduk-duduk di pantai saja sambil pikinik seperti saya, hehe. Di pinggir pantai Cottesloe terdapat restoran menyerupai kastil, Indiana Teahouse, yang juga menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, Cottesloe Beach juga merupakan lokasi tetap free outdoor exhibition terbesar di Australia bertajuk “Sculpture by The Sea“.

 

5. Fremantle

Fremantle atau lokal menyebutnya sebagai Freo, adalah kota pelabuhan utama di Australia barat yang terkenal memiliki the best fish and chips in townKota tua yang berjarak 30 menit naik kereta dari Perth ini merupakan kota favorit saya. Mengunjungi kota ini seperti menyelusuri jejak-jejak sejarah masa lalu dengan bangunan-bangunan tua di sudut-sudut kota hingga pasar tradisional dan penjara. Fremantle juga merupakan pusat banyak kegiatan seni di Western Australia. Hampir setiap akhir pekan ada kegiatan seni dari pawai atau sekedar pengamen jalanan unjuk kebolehan. Selain itu, jika ingin menemukan coklat dan nougat terbaik, juga souvenir atau benda-benda khas Australia Barat yang benar-benar unik, Fremantle adalah tempatnya. 

Tentu saja, selain kelima tempat yang saya sebutkan tadi, masih banyak destinasi-destinasi menarik di Perth dan Australia Barat, seperti Rottnest IslandBell TowerLondon CourtAquarium of Western Australia (AQWA), WA Maritime MuseumAraluen Botanical Park dan masih banyak lagi.

Menjelajahi Perth memang tak cukup satu dua hari. Dua tahun saja, saya dulu merasa enggak cukup :D. Jadi saran saya, pilih destinasi yang benar-benar menarik dan cocok dengan selera. Misal jika tertarik dengan wisata belanja, maka Fremantle harus dimasukkan ke daftar. Jika lebih suka museum, saya sarankan Bell Tower, WA Museum dan Maritime Museum di Fremantle.

Apapun pilihan destinasinya, setelah puas menjelajah Perth, jangan lupa ke dua tempat: Corica dan Cheesecake Factory, untuk mencoba Apple Strudle dan Pavlova mereka yang susah diceritakan enaknya. Hehe. Duh, selesai menulis daftar ini, bukannya berkurang, kangen saya pada Perth justru menjadi-jadi.

One day, Perth. One day. I promise! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s