Midsommar: Film vs Realita

Midsummer picnic with the kids

Sewaktu film Midsommar tayang beberapa waktu lalu, beberapa teman menghubungi saya untuk menanyakan akurasi dari adegan-adegan horor yang ada di dalamnya. Mayoritas dengan nada bercanda tentu saja. Tapi tidak sedikit juga yang menyiratkan nada khawatir, kalau-kalau praktik-praktik seperti yang ada di film itu benar terjadi.

Tenang, sejauh ini belum ada indikasi bahwa ritual di film Midsommar memang nyata dilakukan. Setidaknya tidak di jaman modern. Kurang tahu kalau dulu-dulu 😛

Yang pasti, seperti halnya isi media yang lain, film Midsommar juga penuh dramatisasi. Dan representasi Hollywood atas Swedia, entah mengapa, seringnya didominasi oleh penggambaran yang stereotipikal: bangsa Viking yang barbar (termasuk di dalamnya kanibalisme), perempuan cantik berambut blonde, dan semacamnya. Penggambaran yang semacam ini sebenarnya tidak eksklusif milik Hollywood. The Ritual, film produksi Inggris tahun 2017 juga bernuansa serupa: tentang perjalanan ke pedalaman Swedia, lalu bertemu dengan suku tertentu yang ternyata memuja kekuatan supranatutal dengan makhluk-makhluk yang tidak bisa dijelaskan oleh akal.

Jadi, bagaimana sebenarnya perayaan tengah musim panas di Swedia itu?

Published by

Hayu Hamemayu

A dreamer who simply loves to write and capture memories..

2 thoughts on “Midsommar: Film vs Realita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s