Klub LDR (Bagian 4)*

*Dimuat di Majalah Kartini Edisi November 2018 – Januari 2019

Gambar dipinjam dari sini

Sejak kabar perceraian Tik, Klub LDR berubah. Kami berubah. Grup WhatsApp tak seramai biasanya. Hanya Rum yang sesekali masih mengirim pesan. Bu Kas kadang menanggapi, tapi lebih sering tidak. Sementara Tik seperti hilang ditelan bumi. Dia tak lagi datang di pertemuan klub LDR. Pertemuan demi pertemuan juga makin terasa janggal. Bahkan makin lama, makin sebentar waktu yang kami luangkan bersama.

Kata-kata Tik masih terngiang di telingaku. Bahwa Klub LDR ini hanya berpusar di hidupku. Bahwa aku hanya peduli pada diriku sendiri. Aku sudah minta maaf pada anggota Klub LDR yang lain kalau ternyata selama ini aku terkesan terlalu fokus pada LDRku saja. Sungguh aku tak berniat demikian. Tapi aku belum berhasil menghubungi Tik. Pesan-pesanku tak dibalas. Bahkan dibaca pun tidak.

Hubunganku dengan Yan sendiri tak membaik. Kami masih belum berkomunikasi lagi sejak dia menawarkan untuk break waktu itu. Tapi beberapa waktu lalu dia mengirimiku kartu pos dari Milan. “I really wish you were here,” tulisnya di kartu pos bergambar Duomo itu. Saat menerimanya, aku menatap kartu pos itu lama. Merasakan kejujuran dalam tulisan pendek Yan. Jujur aku pun merindukan Yan. Bagaimanapun aku masih menyayanginya. Tapi dengan kondisi Klub LDR akhir-akhir ini, juga kegagalan Tik, aku merasa belum siap memulai lagi dengan Yan.

Bas, akhirnya, jadi lebih sering menemaniku. Mengalihkan perhatianku dari masalah di Klub LDR maupun masalahku sendiri. Aku dan Bas tidak berpacaran. Aku tak tahu hubungan apa yang kami punya. Aku bahkan tak yakin perasaan apa yang kumiliki untuknya, atau yang dia miliki untukku. Tapi kami memang dekat dan sering meluangkan waktu bersama. Rasanya menyenangkan memiliki seseorang yang peduli padamu. Yang selalu ada untukmu dan bisa diraih. Tidak jauh seperti Yan.

Published by

Hayu Hamemayu

A dreamer who simply loves to write and capture memories..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s