Pertanyaan yang Kerap Ditanyakan (Tentang S3 di Swedia)

Beasiswa suamimu apa, Hay?

Pertanyaan ini cukup sulit dijawab karena logika S3 di Swedia mayoritas bukanlah berdasarkan beasiswa seperti yang jamak kita pahami di Indonesia. S3 di Swedia adalah posisi kerja berbayar. Jadi, suami saya semacam mendaftar pekerjaan sebagai doktorand (istilah untuk calon doktor di sini) lalu melakukan risetnya sembari bekerja untuk kampus. Sebagai imbalannnya, dia mendapatkan gaji bulanan sebagai karyawan (dan tentu saja membayar pajak yang besarnya lebih dari 30% itu 😅 ), serta mendapatkan hak-hak karyawan lainnya, baik dari kampus tempat dia menjalankan S3 maupun dari negara Swedia. Untuk program S3nya sendiri tidak ada logika tuition fee, jadi tidak perlu ada yang dibayarkan ke kampus.

Mayoritas kampus di Swedia tidak menerima pendaftar dengan biaya sendiri atau biaya dari luar (external funding) untuk level S3, KECUALI sudah ada kerja sama sebelumnya dengan kampus yang dituju, itupun harus tetap melalui lowongan yang ditawarkan oleh kampus, bukan pemberi dana. Misal, beberapa departemen di Lund University bekerja sama dengan institusi atau lembaga donor untuk melakukan riset di bidang tertentu. Lembaga donorlah yang kemudian memberi biaya kepada kampus lalu kampus yang bersangkutan yang akan membuka lowongan S3 dan melakukan proses rekrutmen. Lebih jauh tentang hal ini bisa dibaca di postingan saya beberapa waktu lalu.

Kerjanya ngapain? Kuliah aja?

Kerja S3 di sini semacam menjadi dosen di Indonesia PLUS mengerjakan riset doktoralnya sendiri. Jadi suami saya punya jam kerja, termasuk di dalamnya mengajar, menjadi tutor, mengurusi konferensi, dan sejenisnya. Lalu selain itu, dia juga punya sejumlah kredit yang harus dipenuhi untuk program doktoralnya. Kredit-kredit ini dikumpulkan melalui PhD course, summer course dan/atau reading course dan tentu saja penulisan serta penerbitan si disertasi itu sendiri.

Untuk tahapan-tahapannya sendiri, di Lund University, khususnya di fakultas suami saya Social Science, ada lima fase yang harus dilalui untuk menjadi doktor di Swedia. Pertama, seminar ide (Idéseminarium) untuk mempresentasikan rencana proposal penelitian. Kedua, midway seminar (halvtidsseminarium), seminar separuh jalan untuk menunjukkan progress dari penelitian yang sedang dilakukan. Seminar penutup (Slutseminarium), seminar akhir yang melibatkan reviewer external lebih banyak dari sebelum-sebelumnya. Disputation atau public defence, yaitu menerima komentar dan pengesahan naskah yang sudah dicetak untuk kemudian dinyatakan lulus atau tidak sebagai doktor. Terakhir, Doctoral conferment ceremony, atau wisuda khusus program doktoral yang sudah menjadi tradisi sejak akhir tahun 1600an.

Kok risetnya ga di Indonesia saja? Kan banyak tuh yang ngerjain risetnya dari jauh?

Karena posisi suami saya karyawan, maka dia terikat secara hukum untuk tinggal dan bekerja di Swedia sekian jam setiap minggunya. Suami tidak bisa pergi terlalu lama dari Swedia karena akan berpengaruh pada pembayaran pajak juga aturan-aturan lain yang mengikat pada kontrak program doktor.

Apabila lokasi riset mengharuskan perjalanan ke luar Swedia, maka akan ada waktu-waktu yang dialokasikan untuk field work tapi itupun durasinya tidak bisa terlalu lama karena menyangkut tanggung jawab kerja yang lain juga administrasi lainnya.

Berat juga ya kerja sambil kuliah gitu?

Ya namanya kuliah S3 ya, pasti berat. Kalau ga berat namanya Studi Banding 😆

Published by

Hayu Hamemayu

A dreamer who simply loves to write and capture memories..

2 thoughts on “Pertanyaan yang Kerap Ditanyakan (Tentang S3 di Swedia)

  1. aku baru tahu loh kalo S3 itu semacam kerja.. maklum aku ngga pernah sekolah lanjutan lagi setelah S1, wkwkw..

    postingan ini menjawab pertanyaanku juga tentang S3 😆

    1. Wekekekekek, cuma di Scandinavian countries yg model begini, Zam. Eropa lain umumnya cari supervisor dulu trus nyari beasiswa dari lembaga pemberi beasiswa gitu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s