Circle Route: Farewell Party

Setelah hampir dua jam bercerita panjang lebar dan saling mencurahkan isi hati di kafe langganan Banyu, kami kembali ke rumah Zach. Begitu kami sampai, Andrea langsung menghampiriku dan tampak khawatir. Aku segera mengatakan bahwa semua baik-baik saja.

I’ll tell you the complete story later,” bisikku.

Banyu lalu mengenalkanku pada Zach, juga Phillippe dan Antonio. Aku senang berkenalan dengan mereka. Meskipun baru kenal, mereka tidak belagu atau terlalu jaga image. Phillipe bahkan tak henti-hentinya membuat lelucon yang membuat kami semua tertawa ngakak. Kami terus mengobrol lalu tiba-tiba Zach mengusulkan untuk mengadakan semacam farewell party untukku malam ini, di rumahnya. Mulanya aku menolak. Tapi cuma aku yang menolak sementara yang lainnya setuju. Aku kalah suara. Malam ini, they will throw a farewell party for me.

Aku mengusulkan untuk memesan pizza saja. Gampang dan enak. Mental gemar jajanku ternyata belum punah. Tapi lagi-lagi tak ada yang setuju dengan usulku. Mereka semua ternyata gemar memasak. Akhirnya diputuskan bahwa kami akan memasak yang cukup serius.

Untuk entrée-nya, Phillippe yang ternyata berasal dari Kanada akan memasak poutine, sejenis kentang goreng yang di siram gravy atau kuah kaldu kental dengan daging giling dan bahan-bahan lainnya. Lalu seafood barbecue dan Chilli con Carne atau paduan daging, cabai, tomat dan kacang merah, sebagai menu utama, akan disiapkan oleh Antonio dan Andrea. Untuk dessert, Zach akan membuat pavlova, kue berbahan dasar meringue (campuran antara putih telor dan gula) yang renyah tapi lembut sekaligus dan biasanya bertopping buah-buahan segar seperti strawberi, kiwi, peach, dll. Aku tidak tahu bagaimana menggambarkan lezatnya kue yang satu ini selain bahwa kue ini enak banget. Membayangkannya saja sudah membuat air liurku hampir menetes. Pavlova ini salah satu makanan favoritku di Perth. Hampir tiap minggu aku menyantapnya selama di sini. Tak heran berat badanku mulai bertambah beberapa kilogram.

Sementara mereka berempat sibuk menyiapkan hidangan pesta, aku dan Banyu kebagian jatah menjadi asisten saja. Menyiapkan meja dan kursi di halaman rumah belakang Zach sekaligus menjadi juru cicip, yang bahkan tak bisa kulakukan dengan baik karena di lidahku hanya ada dua kategori makanan: enak dan super enak. Banyu yang lebih banyak memberi masukan. Kurang inilah. Itulah. Kemampuanku soal makanan memang cukup payah. Untuk tidak menyebutnya nol besar.

Sore sudah di depan mata. Hidangan juga sudah hampir siap. Aku sedikit tak sabar menunggu malam tiba. Maklum, sudah lama sekali aku tak berpesta dengan teman-temanku. Andrea memutar lagu dari iPod dengan cukup keras. Lagunya Black Eyed Peas langsung memenuhi rumah Zach.

I got a feeling that tonight’s gonna be a good night


That tonight’s gonna be a good night

That tonight’s gonna be a good good night

Aku menata masakan-masakan yang sudah siap di atas meja. Mereka semua tampak lezat. Langsung aku merasa lapar. Untungnya tak selang lama, matahari senja tergelincir dan hari mulai malam. Andrea mengganti musik menjadi bossanova yang memang lebih pas untuk teman makan malam. Lembut dan menenangkan. Tanpa dikomando, kami mengambil tempat duduk masing-masing, lalu Antonio mulai menuang minuman ke dalam gelas-gelas kaca.

“Oke, mari bersulang untuk Bening,” kata Zach sambil beranjak berdiri.

Aku mengernyutkan dahi.

“Bersulang untuk apa?” tanyaku.

For finally realized that Banyu is an idiot,” jawabnya.

Kami semua tertawa. Termasuk Banyu.

Lalu, “Cheers,” kami mengangkat gelas kami masing-masing ke udara.

“Lagu yang diputar Andrea tadi siang memang benar. Tonight is definitely a good night,” batinku.

-Bersambung-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s